PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA BIDANG PENDIDIKAN

Di era globalisasi, teknologi merupakan hal yang penting dan sudah menjadi kebutuhan masyarakat di kehidupan sehari-hari. Semakin berkembangnya teknologi informasi dan semakin banyaknya hal-hal yang berkembang, salah satunya adalah pendidikan. Teknologi dalam bidang pendidikan sangat membantu pelajar dan pengajar karena pelajar dapat menikmati tampilan yang menarik dan menjadi aktif serta pengajar dapat memberikan materi secara efektif. Hal ini menjadikan semua sarana sekolah maupun universitas menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam media pembelajarannya, seperti pengumpulan tugas online, buku online, dan materi-materi yang terdapat di e-learning sekolah atau universitas. Tidak hanya pendidikan formal yang telah menggunakan teknologi informasi, tetapi bimbel online-pun telah beredar agar memudahkan pelajar mendapat ilmu. Berkembangnya teknologi informasi bidang pendidikan dapat memudahkan manusia dalam pengerjaanya. Oleh karena itu, jarak dan waktu bukanlah masalah untuk mendapatkan ilmu karena sudah terciptanya aplikasi untuk media belajar.

Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan berarti tersedianya sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program pendidikan. Meningkatnya teknologi di era globalisasi yang serba modern ini bisa kita menerapkan pada dunia pendidikan sebagai fasilitas lebih dan serba canggih untuk memperlancar proses pembelajaran yang disampaikan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini ternyata berhasil meningkatkan hasil ujian, penurunan tingkat putus sekolah, dan penurunan tingkat ketidakhadiran di kelas. Ada banyak bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan yang dapat dilakukan, antaralain sebagai berikut :
1. Pembelajaran Berbasis Komputer
Saat ini komputer sudah menjadi urusan dalam kehidupan manusa , dari mulai urusan perkantoran hingga urusan pribadi, tak terkecuali urusan pendidikan. Untuk memanfaatkan teknologi komputer tersebut, sudah mulai banyak berbagai macam software yang bermuatan mata pelajaran, seperti Computer Assisted Intsruction (CAI) atau “Pembelajaran dengan Bantuan (Media) Komputer”. Computer Based Education (CBE), Information and Communication Technologies (ICT), Computer Based Training (CBT), Computer Based Instruction (CBI).
2. Berbagi hasil penelitian
Teknologi informasi dan komunikasi,internet, telah banyak digunakan sebagai sumber informasi untuk menunjang pendidikan. Internet telah dimanfaatkan untuk berbagi hasil-hasil penelitian yang dilakukan di belahan dunia yang berbeda. hal ini menyebabkan hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Saling berbagi hasil penelitian juga mencegah terjadinya penelitian serupa yang berulang.
3. Konsultasi dengan pakar melalui internet
Hal ini dimaksudkan berkonsultasi dengan pakar-pakar yang berbeda di tempat lain yang menyebabkan ruang dan jarak bukan lagi masalah. Seorang siswa di pulau Kalimantan yang sedang melakukan penelitian dapat berkonsultasi dengan seorang dosen yang ada di pulau Jawa dengan pemanfaatan layanan e-mail, chatting, ataupun mailing list di internet.
4. Perpustakaan online
Perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di internet. Perpustakaan online memungkinkan seorang pelajar atau mahasiswa dapat mengakses ke sumber-sumber ilmu pengetahuan dengan cara mudah tanpa harus dibatasi dengan jarak dan waktu. Perpustakaan online memungkinkan mahasiswa UGM dapat mengakses perpustakaan milik UMY.
5. Diskusi Online
Aplikasi diskusi online memungkinkan para pelajar dapat saling bertukar pikiran tanpa harus berkumpul disuatu tempat.

6. Kelas online
Aplikasi kelas online dapat digunakan bagi lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti Universitas Terbuka dan sekolah-sekolah terbuka. Materi-materi pelajaran dibuat interaktif dan menarik sehingga kualitas belajar di kelas online tidak kalah dengan kualitas belajar di kelas biasa.

7. E-Learning
Dengan Learning memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik. E-learning mempermudah interaksi antara pelajar dengan pelajar maupun pelajar dengan pengajar. Pelajar dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Dengan demikian , pelajar dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.
8. Penggunaan alat pendukung KBM
Proses belajar mengajar tidak harus menyampaikan melalui tulisan, namun bisa saja menggunakan video, gambar, atau materi yang dibuat menggunakan komputer atau laptop.
Adapun manfaat teknologi dalam bidang pendidikan :
1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
5. Meningkatkan minat belajar
6. Materi lebih menarik
7. Memudahkan akses belajar
8. Meningkatkan kemampuan belajar
9. Menambah informasi lebih luas

ALAT PENDETEKSI TUGAS
1. Alat Pendeteksi Tugas
Alat yang mampu mencari atau meneliti apakah tugas dari seorang pelajar atau mahasiswa ini sudah benar ataukah terdapat kesalahan di dalam mengerjakan tugas tersebut misalnya pada penggunaan atau penulisan EYD maupun prosedur dalam membuat proposal, makalah, maupun skripsi.
2. Bentuk Alat Pendeteksi Tugas
Alat ini sejenis scan yang mempunyai penutup jika dibuka dan jika dihidupkan alatnya akan sinar yang memancar ke atas. Sinar itulah yang nantinya akan dapat mendeteksi tugas tersebut. Contohnya tugas proposal, makalah, laporan, dan skripsi .
3. Cara Penggunaan Alat Pendeteksi Tugas
a. Buka terlebih dahulu penutup yang diatas
b. Tekan tombol On untuk menghidupkan dan akan keluar sinar yang memancar ke atas
c. Letakkan tugas atau lembaran yang akan di tedeksi kebenaran atau kesalahannya dan akan terlihat dilayar komputer.

Kesimpulan :
Dengan berkembangnya teknologi di bidang pendidikan, kita harus mampu memanfaatkan,membuat, menghasilkan metode pembelajaran yang lebih canggih dan lebih pro-aktif sehingga semakin membantu proses belajar mengajar supaya menjadi lebih berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *